Tips Travelling Dengan Budget Terbatas

Tips Travelling Dengan Budget Terbatas

Di era modern ini, travelling sudah bukan lagi sebuah hal yang hanya bisa dinikmati oleh orang yang memiliki uang yang berlebih. Namun travelling sekarang telah berubah menjadi hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja walaupun dengan budget yang pas-pasan atau terbatas. Sehingga travelling kini telah menjadi hobi bagi banyak orang, tetapi sama seperti hobi lainnya tentunya semua memerlukan biaya untuk melakukannya.

Untuk bisa travelling diperlukan sejumlah dana, untuk besaran angka ini akan tergantung dari tujuan destinasi wisata yang dituju kemudian akomodasi dan transportasi yang dipilih dan biaya lainnya. Hal inilah mengapa travelling dikenal sebagai hobi yang mahal atau hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu, namun sekarang hal itu tidak sepenuhnya benar.

Travelling sekarang tidak perlu mahal, Anda bisa pergi travelling dan menikmati perjalanan dengan budget yang terbatas. Namun ada berberapa tips yang harus Anda lakukan agar travelling Anda bisa tetap berjalan lancar walaupun hanya dengan menggunakan budget yang minim.

Apa Saja Tips Yang Harus Dilakukan?, Simak Selengkapnya :

1. Lakukan Planning Dari Sekarang

1. Lakukan Planning Dari Sekarang

Jika Anda mengharapkan budget yang minim untuk perjalanan yang menyenangkan, maka pastikan Anda sudah melakukan planning mulai dari sekarang. Travelling yang dipersiapkan jauh-jauh hari akan bisa membuat Anda menghemat cukup banyak dibandingkan Anda melakukan planning yang mendadak atau dalam waktu yang singkat. Terlebih lagi jika Anda menyiapkan plan ini di jauh-jauh hari maka Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk mulai menyiapkan dana untuk travelling nantinya.

Seperti yang kami sampaikan usahakan untuk menghindari travelling dadakan, karena ini akan membuat biaya yang dikeluarkan naik berkali-kali lipat dibandingkan jika sudah diplanning dengan matang. Apalagi jika Anda berencana untuk travelling ke tempat yang jauh dengan waktu tinggal yang lama, kemudian liburan mendadak bisa membuat Anda tidak menikmati perjalanan tersebut karena Anda bisa saja menemukan kendala pada saat melakukan travelling tersebut karena planning atau perencanaan yang kurang matang.

Lakukan planning dengan matang, karena nantinya itu akan membantu Anda untuk bisa mengatur pengeluaran yang lebih efektif dengan budget yang terbatas pada saat travelling nantinya.

2. Pilih Destinasi Sesuai Dengan Budget

2. Pilih Destinasi Sesuai Dengan Budget

Dalam pemilihan destinasi Anda harus juga melihat tempat wisata pada destinasi Anda, lalu periksa kembali dan sesuaikan dengan budget Anda. Apakah tempat tersebut merupakan tempat yang masih budget friendly atau merupakan tempat yang cukup mahal untuk semua tempat wisatanya.

Maka dari itu sebaiknya Anda melakukan research singkat pada saat memiliki waktu luang dan menentukan mana tempat wisata di destinasi Anda yang merupakan pilihan terbaik jika budget Anda terbatas. Anda bisa melakukan research singkat secara online di internet serta manfaatkan berberapa aplikasi booking yang memberikan diskon tambahan untuk travelling Anda mulai dari penginapan, tempat wisata serta akomodasi atau transportasi di destinasi travelling Anda.

Ini merupakan bagian penting dari planning yang harus Anda lakukan, terutama jika Anda bepergian bersama orang lain dalam perjalanan Anda.

3. Pilih Waktu Travelling Di Low Season

3. Pilih Waktu Travelling Di Low Season

Travelling pada saat musim liburan adalah pilihan banyak orang karena mereka hanya memiliki waktu untuk berjalan-jalan pada saat itu. Termasuk juga Anda, tetapi jika Anda berencana untuk mengehemat biaya maka sebaiknya Anda hindari untuk melakukan travelling pada masa liburan tersebut, karena itu akan membantu Anda untuk menghemat cukup banyak biaya.

Biasanya jika Anda melakukan travelling diluar dari masa liburan sekolah atau liburan hari besar Anda akan menemukan harga penginapan, tempat wisata hingga tiket transportasi sangat jauh lebih murah dibandingkan ketika high season atau peak season.

Lalu kelebihan lainnya tempat tujuan Anda akan lebih sepi sehingga Anda bisa dengan bebas mengeksplor serta mengambil foto-foto yang bagus tanpa perlu berebut dengan orang lain, sehingga Anda bisa lebih santai dan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak di destinasi yang Anda kunjungi tersebut.

4. Manfaatkan Transportasi Umum Serta Pilih Penginapan Yang Murah dan Nyaman

4. Manfaatkan Transportasi Umum Serta Pilih Penginapan Yang Murah dan Nyaman

Ketika mengunjungi tempat wisata mungkin lebih nyaman untuk menggunakan taxi karena tidak perlu untuk berdesakan menggunakan transportasi umum, namun itu akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang cukup banyak nantinya. Jadi sebaiknya pikirkan apakah transportasi yang terbaik dan sesuai dengan budget Anda.

Karena sekarang ini telah banyak aplikasi transportasi umum yang bisa membantu Anda menghemat biaya transportasi seperti grab lalu sama halnya dengan penginapan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang menyewakan tempat tinggal dengan nyaman namun dengan harga yang jauh lebih murah seperti Airbnb.

Jadi pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu aplikasi apa yang mendukung destinasi wisata Anda, karena di jaman yang serba modern ini Anda dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang bisa membantu Anda menghemat sangat banyak biaya untuk travelling.

Inilah berbeapa tips untuk Anda yang ingin tetap melakukan travelling namun dengan budget yang terbatas tetapi masih tetap menikmati perjalanan secara maksimal dan tetap menyenangkan. Pastikan Anda melakukan semua planning dengan matang serta menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.